Wawancara Cinema Poetica tentang ARKIPEL Film Festival 2013

ARKIPEL, Forum Lenteng, dan Eksperimentasi Sinema

Adrian Jonathan

3 September 2013

 

Image ARKIPEL posterUsai sudah perhelatan ARKIPEL International Documentary & Experimental Film Festival 2013 di Jakarta. Berlangsung dari 24 sampai 30 Agustus, festival bentukan Forum Lenteng ini mengadakan pemutaran film dan diskusi publik di Taman Ismail Marzuki (Kineforum DKJ dan Teater Kecil), Goethe Haus, serta Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail (Sinematek Indonesia dan Usmar Ismail Hall). Total film yang diputar selama festival: 75 film dari 29 negara. Total penonton selama festival: 1004 orang.

ARKIPEL jugalah perayaan dari sepuluh tahun kiprah Forum Lenteng. Fakta ini sempat dikomunikasikan dalam pidato sambutan pada malam pembukaan festival di Goethe Haus. Dari 2003 sampai 2013, Forum Lenteng aktif berkegiatan lewat medium audiovisual melalui program-program pemutaran, diskusi, pengarsipan, kajian sosial, pemberdayaan komunitas, serta produksi film dan video.

Pada tanggal 28 Agustus 2013, redaksi Cinema Poetica mengajak Hafiz Rancajale (pendiri Forum Lenteng, direktur artistik dan juri ARKIPEL), Yuki Aditya (pegiat Forum Lenteng, direktur festival ARKIPEL), dan Intan Paramaditha (peneliti film, juri ARKIPEL) untuk duduk bersama dan bicara-bicara santai di pojok Goethe Haus. Obrolan ini diniatkan sebagai dokumentasi pemikiran yang terjadi selama persiapan dan penyelenggaraan ARKIPEL edisi pertama.

 

Selanjutnya

image ARKIPEL Cinema Poetica

 

Foto: Cinema Poetica
Poster: Forum Lenteng